in

6 Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik untuk Mac dan Windows

Aplikasi Edit Video di Laptop

Menentukan pilihan terhadap perangkat lunak pengeditan video terbaik menjadi kunci untuk terlihat seperti sutradara Hollywood atau amatir total. Kebutuhan akan konten saat ini semakin banyak dan cepat. Sehingga tidak sedikit orang yang ingin menghasilkan uang di YouTube atau konten streaming langsung di Twitch dengan cara memanfaatkan aplikasi edit video di laptop yang populer. 

Jika sebelumnya Anda belum pernah melakukannya, maka bisa mencoba membuat atau memanfaatkan kekuatan dahsyat dari sebuah konten video. Bahkan, apabila Anda seorang editor video yang baik, maka dapat menyulap rekaman mentah adegan demi adegan menjadi sebuah mahakarya yang menakjubkan. 

Rekomendasi Aplikasi Edit Video di Laptop Terbaik

Anda sebaiknya mempertimbangkan beberapa hal ketika akan memilih sebuah perangkat lunak untuk pengeditan video terbaik. Hal-hal yang perlu dipertimbangkan antara lain laptop yang Anda gunakan, input atau transfer file, output atau rendering file video transisi, pengaturan video dan audio, serta fitur pengeditan video seperti filter.

Berikut ini kami beri ulasan mengenai beberapa aplikasi edit video di laptop terbaik. Simak dengan seksama agar tidak salah dalam menentukan pilihan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

1. Adobe Premiere Pro

Adobe Premiere Pro merupakan aplikasi edit video terkemuka di laptop untuk Windows sebagai bagian dari Adobe Creative Cloud. Kemudian aplikasi ini mempunyai alur kerja yang baik dan terintegrasi, sehingga Anda bisa mengedit video tepat waktu. Jadi, software ini lebih efisien berkat teknologi Adobe Sensei yang menawarkan sejumlah media otomatis. 

Premiere Pro CC mampu bekerja dengan format video paling baru. Menariknya lagi, Anda dengan mudah bisa mengedit rekaman video dalam ultra, 8k kelas atas, dan mencakup realitas virtual. Konten yang dikirimkan aplikasi ini dimaksimalkan dengan tepat untuk tipe layar apa saja. 

Adobe Premiere Pro kompatibel dengan Adobe CC teratas, misalnya saja Adobe Stock, After Effects, dan Audition. Oleh sebab itu, Anda bisa mengunduh template grafik gerak di beberapa produk tersebut tanpa harus keluar dari antarmuka Premiere Pro. Kemudian salah satu fitur paling vital adalah skill 180 end-to-end.

Aplikasi edit video di laptop yang satu ini mampu membuat video paling imersif. Karena didukung olah VR 180 dengan efek dan format yang optimal. Lalu bisa mempublikasikan konten di YouTube atau platform lain memakai Google VR180 dengan gradasi dan koreksi warna yang handal.

2. Final Cut Pro

Salah satu penawaran terbaik untuk para pengguna Mac adalah paket pengeditan video prosumer dari Final Cut Pro. Aplikasi edit video ini menghadirkan tampilan pada panel menggunakan Garis Waktu Magnetik tanpa jejak di laptop Anda. Sehingga sangat bagus untuk memakai monitor ganda. 

Setelah Anda menyelesaikan produksi video, maka dapat memakai 109 efek audio, 149 efek video, 100 transisi, dan 183 template animasi judul. Kemudahan lainnya, Anda bisa  menerapkan transisi dengan pintasan keyboard. Kemudian menyimpannya melalui tombol keyboard khusus. Fitur unggulan lainnya yang tersedia adalah pengeditan multicam, trek video tidak terbatas, dukungan format banyak pilihan ekspor, kinerja cepat, dan chroma-keying.

3. Sony Vegas Pro

Sony Vegas Pro merupakan salah satu jenis aplikasi edit video di laptop yang menyediakan segala kebutuhan pengeditan video profesional. Mulai dari koreksi warna HDR lanjutan, desain suara, dan streaming langsung.

Fitur yang tersedia di perangkat lunak ini mampu menghasilkan pengeditan yang berkualitas tinggi dan cepat. Misalnya saja mengenai deteksi pemandangan, edit multi camera, sinkronisasi storyboard dan garis waktu, trek video dan audio tanpa batas, kontrol otomatisasi, serta masih banyak lagi.

Vegas Pro juga dapat Anda gunakan untuk streaming langsung. Arahkan produksi langsung Anda dari webcam ke pemutaran video, kamera, atau grafik dinamis. Kemudian siarkan ke layanan streaming populer dan aplikasi konferensi.

4. Corel VideoStudio Ultimate

Perangkat lunak yang satu ini mampu mengubah gambar menjadi film. Selain itu, dapat memberikan efek kreatif, preset judul, transisi, 1500+ filter, templates proyek, dan masih banyak lagi.

Corel VideoStudio Ultimate menyediakan peralatan pengeditan penting untuk memotong dan membagi video yang dapat Anda temukan langsung di timeline. Bahkan dengan mudah Anda bisa mengatur rasio aspek dan mengubah video berdasarkan kebutuhan 

Aktivitas yang dapat Anda lakukan bersama aplikasi ini adalah menambahkan subtitle ke video, melapisi dengan audio ducking, merekam sulih suara, dan masih banyak lagi. Berkat prosesor dan kartu grafis yang handal maka proses rendering di semua format file akan semakin cepat.

5. Apple iMovie

Aplikasi edit video di laptop untuk pengguna mac OS dan iOS yang recommended adalah Apple iMovie. Aplikasi ini menjadi perangkat yang gratis dan mudah digunakan untuk mengedit video dengan dukungan resolusi 4K serta fitur yang beraneka ragam. 

Kemudian kinerja aplikasi ini sangat tajam dan jernih pada Mac modern, tidak terkecuali pada Macbook Air dan Macbook Pro juga berfungsi dengan baik. Update terbaru termasuk dukungan bilah sentuh serta fungsionalitas video 4k. Kelebihannya, Anda bisa memutar klip video berkecepatan setinggi 60 frame per detik dengan efek seperti layar hijau, filter video, dan pengeditan multicam.

Bahkan dengan mudah bisa mengimpor dan ekspor berbagai klip video, audio, serta foto dari iCloud. Melalui Apple TV, Anda bisa membuat tayangan slide dan melihat proyek secara langsung. Pasalnya, kompatibilitas Apple menjadi nilai jual yang kuat  

Apple juga banyak menyediakan tutorial iMovie online yang bisa membantu Anda memakai perangkat lunak secara gratis. Kemudian pilihan untuk ekspor juga lebih mudah karena tersedia dalam format file yang paling umum. Dengan demikian, apabila Anda membutuhkan editor video yang sederhana dan gratis, iMovie menjadi salah satu pilihan tepat.

6. Adobe After Effect

Aplikasi edit video di laptop mulai banyak diburu untuk membuat konten video secara mandiri. Adobe After Effects memungkinkan untuk mengambil ide apapun dan membuatnya bergerak. Perangkat lunak grafik gerak dan efek visual ini dapat Anda manfaatkan untuk menganimasikan karakter dan logo. 

Kemudian membuat judul, intro, dan transisi film sinematik. Anda bisa menggunakan bingkai utama atau preset supaya dapat memulai desain dengan hasil yang unik dan menarik. Setelah itu atur warna dengan selektif dan hidupkan video Anda dengan cepat. 

Beberapa perangkat lunak pengeditan video akan membantu Anda untuk memodifikasi, mengedit, dan memanipulasi file video dalam format garis waktu untuk membuat film pendek atau film lainnya. Pengeditan dapat Anda mulai dari memperbaiki bingkai, menambah gambar, teks, warna filter, musik latar, hingga klip audio. 

Anda dapat membuat bagian adegan dari rekaman mentah menjadi video keren dengan memanfaatkan aplikasi edit video di laptop yang telah tersedia untuk Windows dan Mac. Namun, solusi paling praktis adalah menggunakan jasa video production dan multimedia terpercaya yang melayani pembuatan jasa video company profile, iklan, video marketing, live streaming, atau layanan lainnya. Dukungan tim profesional dan berpengalaman akan memberikan hasil yang memuaskan. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

apa itu live streaming

Apa itu Live Streaming? Pengertian, Jenis dan Manfaatnya

Video Conference: Pengertian, Manfaat, dan Aplikasi Terpopuler